Multi monitor di XP, Vista, & 7

Posted by M Abdul Ghani on 25 April 2010



            Sekarang ini, seeur (banyak) pengguna yang still (masih) pakai monitor resolusi standar like 1024 x 768 atau 1440 x 900, akibatnya, jika kamu lagi ngedit gambar yang super gede, ataou dokumen super gede (gede tampilannya, bukan ukuran file-nya yah!) jadi harus scroll sana-sini, tapi hal itu biasanya sudah jadi biasa bagi sebagian orang, nah bagaimana yang nggak biasa?
Mengganti monitor dengan resolusi yang lebih gede, kan jadi lebih nyaman tuh, pakai monitor yang gede, selain sudut pandang leebih lebar, kamu juga nggak perlu scroll sana-sini.
Tapi, ada cara lain selain ganti monitor, salah sahiji (satu)
cara ngatasinnya dalah dengan menggunakan fungsi multi-monitor kaya judul diatas, kelebihannya? Nyediain ruang kerja and sudut pandang yang lebih gede, dan gampang bikin persentase ke orang yang lain.
Multi monitor di Windows
            Mengaplikasikan penggunaan multi-monitor tidak terlalu sulit. Bahkan di sistemoperasi Windows XP, Vista, dan 7, kamu bias langsung aja praktekin pengaturan dasar buat ngaktifinnya. Juga tersedia berbagai macam es krim enak (hehe bcanda) tersedia pengaturan lebih lanjut pada panel control kartu grafis. Giamana eh gimana caranya? Nih tak kasih tau.
1.      Dalam keadaan computer (is that) pasang kabel monitor kamu ke port keluaran yang tersedia di tukang es krim (hehe) tersedia di VGA. Port-port yang tersedia akan bervariasi, tergantung merek dan tipe kartu grafis. Gunakan adaptor/converter bila pperlu.
2.      Nyalakan computer kamu, dan hancurkan dengan martil (hahaha.. sayang ). Dan biarkan proses booting selesai. Selama proses booting, kedua monitor akan nyala dan nampilkan gambar yang same. Setelah masuk ke desktop, monitor kedua akan cemburu karena diduain sama kamu (hehe kaya pacaran aja) dan langsung mati kembali. Sampai disini, terdapat perbedaan cara mengaktifkan multi-monitor pada setiap system operasi.
a.     Windows XP
1.      Masuk ke panel display properties (klik kanan di area kosong lalu klik properties lalu pilih tab settings).
2.      Untuk mengaktifkan monitor kedua, pilih monitor tersebut pada display properties, lalu centang pada pilihan “Extend my Windows Dekstop onto this monitor”. Klik “Apply”.
3.      Jadi deh.
b.     Windows 7 dan Vista
1.      Masuk ke display settings juga, cumin caranya yang beda. “klik start > control panel > appereance and Personalization > adjust Screen Resolution”.
2.      Pilih monitor ke dua yang ada di pilihan monitor, lalu centangi pilihan “Extend the desktop onto this computer”.
3.      Klik apply.
Sampai Jumpa.