Cara Mengatasi Rasa Malas

Posted by M Abdul Ghani on 31 May 2012

Rasa malas, sesuatu yang kadang tidak bisa kita singkirkan dan terus bermunculan meskipun kita sudah menyundut api semangat buat menjadi rajin, ini seakan suatu penyakit yang susah untuk dihilangkan karena sulitnya untuk menghilangkan rasa malas ini,
hhh, mendingan gua tidur.. hooahm
contoh nya aja, anggaplah kamu sudah memutuskan dan menyadari bahwa kamu akan menjadi rajin kedepannya nggak akan males lagi, dan kamu menjalani beberapa hari dengan semangat rajin kamu
tersebut, namun beberapa hari kemudian, rasa semangat itu pudar, dan malas kita muncul lagi sehingga menarik kita untuk kembali menjadi lazy, kadang itu sulit dihindari tapi bukan berarti tidak bisa diatasi.

jika kamu merasa seperti itu, disini ada beberapa tips dan anjuran agar kamu bisa lebih positif dan dapat mengatasi rasa malas itu dan menjadi konsisten lagi, yang kita rasakan bahwa hukum alam itu menentang kita kalau jadi rajin, kayak alam itu bilang "yakin kamu pengen jadi rajin?" ya, memang rasa sadar dan rajin itu berjalan pada beberapa hari saja namun selalu saja rasa semangat dan sadar itu hilang, dan kita bimbang. jangan khawatir karena itu memang bagian dari proses kamu kalau pengen jadi rajin beneran.

di post sebelumnya dijelaskan bahwa untuk semangat menjadi rajin itu dengan cara memikirkan sejuta keuntungan yang kita dapatkan kalau kita menjadi rajin, dan memikirkan sejuta kerugian yang akan kita dapatkan jika kita tetap menjadi malas. kalian tau, mungkin hal itu bekerja atau works pada kalian, hal itu bagus untuk membuat semangat yang tinggi, dan itu memang dibutuhkan. namun ketika kalian menjalani proses dan fase-fase dalam menjadi rajin, adakala hal ini sudah nggak mempan lagi dengan pikiran kita, seakan pikiran itu membantah semuanya dan menyebabkan rasa malas itu menjadi melebihi rasa ingin kalian untuk menjadi rajin.

solusinya adalah, pada saat kalian merasa seperti ini, berada dalam fase ini. kalian mesti berfikir bahwa RAJIN itu adalah suatu hal yang memang kalian HARUS lakukan, bukan sebagai hal yang kalian akan lakukan jika kalian MAU.

dengan berfikir bahwa RAJIN itu suatu hal yang harus kalian jalani/terapkan, bukan sebagai hal yang akan kalian lakukan jika kalian mau.

risks, all done i fee i can fly and i fee FLOW to active
dengan berfikir seperti ini, kamu otomatis akan memandang bahwa RAJIN itu hal yang harus kalian terapkan kalau kalian memang ingin sukses (memang kenyataannya seperti itu btw) dan kalian akan take responsibility dengan RAJIN, dan break semua hambatan, seakan kalian menjadi babi yang nggak bisa belok dan membuktikan bahwa tidak ada yang bisa menghalangi saya untuk menjadi rajin. peduli setan sama hal-hal yang mengganggu, take the risk dan move.

happy dilligent, dan jangan lupa RILEKS dan ISTIRAHAT
Ghani M