Opera Jajaki iPhone

Posted by M Abdul Ghani on 14 March 2010


Tak diizinkan Apple membuat browser di bursa aplikasinya, bukan penhalang bagi Opera untuk menanamkan Opera Mini ke iPhone. Sejauh ini, Apple memang melarang browser web lain untuk bisa dibuat di perangkat smartphone-nya itu. Semua aplikasi berlabel browser yang dijadikan di App Store saat ini, sesungguhnya hanya skin atau plugin yang menggunakan Safari sebagai browser di dalamnya.
Namun, beda dengan Opera Mini untuk iPhone yang baru diperkenalkan prototipenya dalam Mobile World Congress (MWC) 2010 di Barcelona, spanyol. Opera Mini bisa bekerja di iPhone, karena mempunyai “kunci rahasia”. Pada dasarnya, Opera Mini bukan browser, melainkan mesin pemroses data dengan format kopresi sangat tinggi.

Dengan pemanfaatan mesin yang disebut OBML dan kompresi data tersebut, pengalaman ber-Internet bisa jauh lebih cepat. Transfer data bisa diturunkan 80-90% dibandingkan dengan web standar tanpa kompresi. Sejauh ini, Opera Mini belum tersedia di App Store. Tunggu saja, apakah kira-kira jalan Opera Mini akan mulus?