Integrasi Facebook dengan Google

Posted by M Abdul Ghani on 10 April 2010


Google baru saja mengumumkan bahwa update Facebook akan terintegrasi ke dalam hasil pencarian real time mereka. Sebelumnya, Google yang kali pertama memperkenalkan pencarian real time pada Desember lalu, mempertegas kalau sumber data lain untuk Google Real time akan mencakup MySpace dan Twitter.

Namun, kekurangan dengan tambahan fitur terbaru tersebut adalah Google hanya memberikan akses ke pembaruan dari 3 juta account saja, yang biasanya untuk selebritas, politisi, merek, bisnis likal, dan bukan rata-rata pengguna Facebook. Memang, informasi ini bisa berguna namun terbatas, karena kekuatan pencarian real time berasal dari sejumlah besar kontributor.
Padahal Facebook memiliki jumlah pengguna yang besarnya lebih dari 400 juta pengguna aktifm sehingga sangat disayangkan bila Google tidak memanfaatkannya. Kendati demikian tidak seperti Twitter, yang dilaporkan menghasilkan uang dari pencariannya yang merupakan kerja sama dengan Bing dan Google. Facebook tidak melakukan pengisian mesin pencari untuk data di Google.

SAWEBRING BLOG